Cara Mengatasi Busuk Daun Pada Aglonema

1 min read

Busuk daun merupakan sala satu permasalahan atau penyakit yang bisa menyerang aglonema.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri ini membuat bagian batang dan daun aglonema melunak, berair, serta berbau tidak sedap.

Jika aglonema milik kamu mengalami busuk daun, terdapa beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Disadur dari kampus Tani, breikut ini adalah cara mengatasi busuk daun pada aglonema.

Pangkas daun yang terinfeksi. Ketika aglonema mengalami tanda-tanda busuk daun, pastikan untuk segera memangkas daun yang terinfeksi. Namun pastikan, guntting atau pisau yang digunakan untuk memangkas daun aglonema yang terinfeksi harus sudah disterilkan terlebih dahulu. Setelah daun yang terinfeksi dipangkas, upayakan untuk membuang jau-jauh atau membakarnya agar tidak menular dan membahayakan tanaman lain.

Oleskan fungisida

Setelah pemangkasan dan menyingkirkan daun aglonema yang membusuk, oleskan fungisida seperti fungisida dengan merek 70 WP pada bekas potongan daun. Fungisida antracol berupa serbuk. Untuk itu tambahkan sedikit air terlebih dahulu kemudian aduk hingga menjadi pasta agar mudah dalam aplikanya

Semprotkan aglonema yang terinfeksi dengan bakterisida. Semprotkan tanama yang terinfeksi mengunakan bakterisida dengan merek Agrept 20WP. Untuk dosisnya, kamu perlu menyesuaikan dengan dosis yang tertera pada label kemasan. Semprotkan bakteriseda secara merata ke seluruh bagian tanaman aglonema, mulai dari permukaan daun, bawah daun, batang juga permukaan media tanam. Lakukan penyemprotan pada tanaman yang terinfeksi empat hari sekali dan untuk pencegahan semprotkan pula bakterisida pada tanaman aglonema lainnya.

Letakan aglonema dibawah paranet. Setelah disemprot bakterisida, letakan tanaman yang mengalami busuk daun dibawah naungan paranet yang masih mendapatkan cahaya matahari himgga jam 11 siang.

Kurangi kelembapan, apabila intensitas hujan masih tinggi, gunakan kipas angin pada sore hari dan diarahkan di mana aglonema diletakan, dengan tujuan mengurangi kelembaban pada tanaman.

Demikian beberapa cara untuk mgatasi busuk daun pada tanaman aglonema ya gaes !!!

SALAM AMDG …!!!