formologi tanaman kopi

41 sec read

Tahukah kamu Morfologi tanaman kopi ? Siapa yang tidak kenal dengan kopi ? Minuman yang sangat populer, sedari dilu selalu memiliki penikmatnya sendiri, terutama masyarakat di Indonesia. Selain memiliki aroma yang khas, kopi memang memiliki citra rasa yang sedap dan gurih. Kopi sendiri sebenarnya berasal dari benua Afrika Di Indonesia sendiri kopi pertama kali dikenalkan padamasa VOC kala itu sehingga sampai saat ini banyak sekali yang budi daya tanaman kopi ini, selanjutnya akan dibahas ciri- ciri moffologi penyusun tanaman kopi itu sendiri, diantaranya :

1 Akar Tanaman kopi memiliki akar tunggang yang tumbuh dari akar lembaga yang terus menerus tumbuh hingga akhirnya menjadi akar pokok yang bercabang banyak, lalu menjadi akar yang ukurannya lebih kecil.

2 Batang Batang tanaman kopi tegak lurus dan bercabang, ketinggiannya bisa mencapai 12 meter. Memiliki batang yang lebih besar dibagian bawah nya

3 Kuncup pada tanaman kopi, daunnya berbentuk jorong dan tumbuh pada batang, serta ranting tanaman tersususn secara berdampingan pada bagian ketiak. dan bdaunnya berwarna hijau

4 Bunga Tanaman kopi bisa di sebut planta multiflorakarena menhasilkan bunga yang banyak.

5 Buah Buah kopi memiliki warna yang berubah – rubah, mulai hijau muda lalu menjadi hijau tua kemudian kuning, dan ketika matang berubah menjadi merah.

SALAM AMDG…!!!