BERKEBUN HOBI BARU DI MASA PANDEMI

1 min read

Ternyata pada saat terjadi pandemi Covid- 19 telah memunculkan aneka hobi baru, salah satunya adalah berkebun, baik berkebun buah maupun berkebun sayuran.

Berkebun sudah dianggap sebagai sebuah aktifitas yang menyenangkan, ramah keluarga, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan harian, sewaktu krisis pandemi terjadi.

Dilansir dari Reuters , Pada saat terjadi pandemi Virus Corona , penjualan bibit buah-buahan maupun bibit sayuran- sayuran meningkat secara signifikan untuk beberapa waktu lamanya.

Salah satu yang memulai hobi berkebun pada waktu pandemi adalah seorang warga negara Texas yang bernama Jaime Calder. Beliau mulai kembali berkebun setelah sempat berhenti karena pindah rumah, perempuan yang berprofesi sebagai editor majalah itu berhasil menanam bawang, blacberry,chard,semangka hingga cabai.

Pada saat itu, beliau memperluas kebunnya agar bisa lebih banyak menam tanaman” ini mungkin belum bisa menghidupi lima orang anggota keluarganya. tapi setidaknya kami mencoba untuk tidak terlalu sering berbelanja keluar rumah dalam beberapa bulan kedepan ” ujar nya seperti dilansir Reuters.

Selain untuk mengisi waktu, berkebun juga bsa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengajak anak-anak bermain sebagai aktifitas di luar ruangan. Warga lainnya yang juga menikmati rutinitas berkebun pada saat pandemi adalah MelaniePittman, seorang guru yang tinggal di dekat Creta,Illinois, AS. Pittman bersama pasangannya mengumpulkan bibit tanaman dan alat perkebunan untuk digunakan untuk memperluas kebunnya.

Pittman tidak hanya memperluas kebunnya, dia juga menam jagung, kacang- kacangan, tomat, kentang, bawang, hingga jamur. Lebih jauh Pittman juga bekerja sama dengan komunitas berkebun di sekitarnya untuk bertukar pangan. “Aku mencoba menghubungi mereka-mereka yang juga menanam di aea lain, untuk mencegah stok yang bertumpuk.Misalnya aku menam tomat, dia menanam wortel “, ungkap Pittman.

BERKEBUN BIKIN BAHAGIA

Ketika dimana sebagian orang menanam untuk menyediakan cadangan pangan, sebagian lainnya berkebun hanya sebagai hobi, padahal aktifitas berkebun bisa bikin bahagia yaitu ketika hasil kebun nya bisa dinikmati!

Sebuah studi baru yang di publikasikan landscape urban Planning menemukan, bahwa membuat kebun kecil di rumah merupakan aktifitas yang secara mengejutkan bisa meningkatkan suasana hati seseorang.

Dilansir WahingtonPost, studi tersebut menunjukan bahwa efek positif terhadap susana hati yang di dapatkan dari kegiatan berkebun bahkan sama dengan tipe olahraga umum, seperti bersepeda dan jalan kaki.Efek positif tersebut diatas bisa di dapatkan ketika kita berkebun sendiri maupun bersama orang lain

SELAMAT BERKEBUN RIA …!!

SALAM AMDG !!