RESPON TANAMAN HIAS SAAT DIAJAK BICARA

1 min read

Semenjak pandemiVirus corona, hobi berkebun menjadi tren. Ketika banyak orang tak bisa beraktifitas diluar rumah maka merawat pelbagai tanaman –mulai dari sayuran hingga tanaman hias menjadi salah satu jalan untuk menghabiskan waktu. Aktifitas berkebun pun menjelma menjadi kesibukan baru mulai dari menyiram, memupuk hingga mengajak tanaman mengobrol. Sebagian orang meyakini, mengobrol atau mengajak bicara tanaman bisa membuatnya tumbuh lebih cepat.

Melansir dari Metro, riset pada tahun 2009 mengamini gagasan tersebut. Royal Hosti cultural sciety ( RHS) melakukan percobaan tanaman tomat. Tomat yang diajak ngobrol ditemukan dapat tumbuh lebih tinggi daripada tomat yang didiamkan saja. Kemudian hal menarik lainnya, suara perempuan dinilai lebih efektif memberikan dampak dibandingkan suara laki- laki .

Meskipun kerap diusung, Micchael HOlland, ahli ekologi sekaligus penulis, meragukan apabila tumbuhan memberikan respon terhadap suara. Ia menunjukan, ada riset yang melihat efek beberapa tipe musik terhadap tumbuhan. Tapi secara umum, tanaman bisa merespon terang dan gelap, gravitasi, respon terhadap zat kimia yang berbahaya juga pada musim.

Beberapa jenis tumbuhan termasuk kacang-kacangan ditemukan menggunakan ekologi untuk ‘ mendengar ” kebenda terdekat dengan memecahkan beberapa selnya di ujung daun ” mendengarkan gema” Jelas Holland mengutip dari Metro. Tidak diragukan bila tumbuhan bisa merespon suara — namun dia sangsi jika suara bisa memberikan dampak pada pertumbuhan tanaman. “Saya menambahkan, jika kita berbicara dengan tanaman kita (Khususnya tanaman dalam ruangan), kita menghembuskan karbondioksida ( dan uap air ) pada mereka. Keduanya diperlukan ( untuk pertumbuhan )” jelas dia.

Sementara itu David Lewis dari Perenial- organisasi amal untuk orang di bidang hortikular, mengatakan, mengajak bicara tanaman secara umum bisa berarti menunjukan keterikatan dengan mereka. Dengan begitu, Anda cenderung untuk merawatnya. Jika Anda Ngobrol dengan tanaman, itu artinya Anda merawat dan memperdulikan mereka, memberikan apa yang dibutuhkan tanaman. Dan pada akhirnya kondisi ini yang akan membantu tanaman tumbuh secara baik dan sehat.

” dari sisi manusia, berbicara dengan tanaman punya manfaat untuk kesehatan mental. Maka meskipun belum ada kaitan yang jelas antara berbicara pada tanaman dan tingkat pertumbuhannya, perhatian untuk tanaman bisa sama-sama meberikan manfaat untuk tanaman dan pemilik nya.

Ayooo kita rawat tanaman kita dengan hati …!!!

SALAM AMDG …!!!