SWASEMBADA GULA

1 min read

Pemerintah akan menyiapkan 7000 ribu hektare ( ha ) lahan untuk perkebunan tebu guna mengejar rencana target swasembada gula , secara nasional , yang perencanaannya ditargetkan akan tercapai dalam lima tahun kedepan. Penyedian lahan tebu itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua umum Asosiasi Petani tebu Rakyat Indonesia ( APTRI ) Soemitro samadikoen menyatakan sikap pesimisnya terhadap target pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula di tahun 2027.

Soemitro menjelaskan, selama ini antara petani, pabrik, dan pemerintah masih terdapat jarak yang jauh. Selain itu, kebutuhan petani mulai dari bibit hingga pupuk untuk menghasilkan tebu dengan kualitas terbaik masih susah untuk di dapatkan.

” Kalau kebutuhan kami didengarkan atau ditata oleh pemerintah dan pabrik gula terkait bibit yang akan ditanam dan sebagainya, saya yakin swasembada gula secara nasional akan terwujud ” ujarnya dala market Review IDXchanel, Jumat (11/11/2022 ).

Soemitro menambahkan, penyediaan lahan untuk perkebunan tebu harus berdekatan dengan pabrik gula. Jika tidak akan sia-sia penyediaan lahan itu.

” Yang menjadi pertanyaan, 700 ribu ha lahan yang akan di sediakan itu dimana ? Apakah mudah lahan dengan 700 ribu ha berdekatan dengan pabrik ? Tebu kan harus digiling di pabrik. Dan itu kan belum tentu ” tambahnya lagi.

Jika kondisi-kondisi tersebut tidak terjadi, menurut somitro , swasembada gula akan mengalami kegagalan, seperti yang sudah sudah yang dilakukan pemerintah terdahulu. Pasalnya tidak ada kerjasama antara petani dengan pabriknya.

” Kita pengalaman di Kalimantan pada zaman orde baru yang juga demikian terhadap petani, toh itu pun gagal kan. Karena tidak ada kesinkronan antara petani dan pabriknya ” katanya.

Lebih lanjut, ia juga mencontohkan rencanana lain yang gagal yaitu di Sulawesi Selatan, kegagalan terbut juga disebabkan karena jarak pabrik dan lahannya berjauhan.

Kita semua yakin pengurus APATRI banyak orang-orang pintar , yuk.. kita singkirkan dahulu ego dan Kepentingan pribadi masing-masing, demi swasembada gula secara nasional. KITA PASTI BISA… !!!

SALAM AMDG… !!!