CARA MENANAM BONGGOL AGLONEMA AGAR CEPAT BERTUNAS

1 min read

Cara menanam bonggol aglionema agar cepat bertunas relatif mudah. Cara ini termasuk teknik perbanyakan aglonema secara vegetatif..

Aglonema merupakan tanaman hias yang memiliki banyak jenis. Warna dan motif yang seragam pada daunnya, membuat tanaman ini banyak disukai.

Jika melihat pada sjarahnya, tanaman ini sudah ada di indonesia sejak tahun 1920. Pada saat itu, ditemukan Aglonemanovoguineense Engi dan Aglonema simplex BL d kebun Raya Bogor.

Secara umum, tanaman hias ini berasal dari negara-nrgara Asia yang iklimnya tropis. Di habitat aslinya, aglonema atau aglaonema tumbuh subur di hutan tropis yang teduh.

Tanaman ini berukuran relatif kecil, sehingga sangat cocok menjadi hiasan teras rumah atau ruang tamu. Tanaman ini juga bisa hidup di ruang ber-ac hinga 1 bulan lamanya.

Perawatannyapun tidak sulit sehingga siapa saja bisa menanam tanaman hias ini.

CARA MENANAM BONGGOL AGLONEMA AGAR CEPAT BERTUNAS

Secara umum , aglonema bisa diperbanyak dengan dua cara yaitu pertama dengan cara generatif dan yang kedua dengan cara vegetatif. Perbanyakan dengan mengunakan cara vegetatif banyak dipilih karena relatif mudah dan hasil tanamannya juga bagus.

Salah satu cara perbanyakan vegetatif yang biasa dilakukan para pembudidaya aglonema yaitu memperbanyak tanaman dengan memotong bonggol tanaman induk. Mekipun mudah, perbanyakan dengan cara ini harus memperhatikan kondisi tanaman induk.

Dikutip dari bukuAgar Tanaman Hias Tampil Cantik, Selasa ( 16/8/2022 ), berikut ini syarat tanaman aglonema yang bisa digunakan sebagai tanaman induk

1. Tanaman aglonema yang memiliki daun sebanyak 8- 10 helai.

2. Pilih tanaman yang daunnya seger, kokoh dan daun mudanya tidak mengecil

3. Pastikan memilih tanaman induk yang memiliki akar yang kuat, gemuk, putih, dan tidak busuk.

Adapun cara menanam bongol aglonema agar cepat bertunas, pilihlah tanaman induk yang sesuai dengan syarat di atas. Kemudian langkah berikutnya adalah sebagai berikut :

Gunakan alat yang steril untuk memotong bongol. Anda bisa mengoleskan alkohol 70% pada pisau yang akan digunakan untuk memotong bonggol.

Potong bongol bagian atas perakaran atau persis di bawah pangkal pelepah daun yang paling bawah.

Oleskan fungisida pada luka potongan bonggol yang tersisa. Sedangkan pada potongan bagian atas diolesi zat perangsang akar.

Tanam dalam media sekam kemudian siram dengan air secukupnya.

Sungkup dengan plastik untuk menjaga kelembapan tetap stabil

Itulah tata cara menanam bongol aglonema agar cepat bertunas. Lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan aglonema tumbuh dengan baik.

SALAM AMDG