PENYEBAB AGLONEMA TIDAK MAU BERTUNAS

1 min read

Aglonema tidak mau bertunas telah menjadi permasalahan yang umum terjadi ketika kita ingin memperbanyak tanaman aglonema.

Namun, permasalahan tersebut umumnya diakibatkan oleh perawatan yang kurang tepat atau keliru. Jadi, ketika aglonema milikmu yang disiapkan untuk bertunas malah tidak mau bertunas, Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Dikutip dari chanel Youtube Hobi Bunga, berikut ini empat hal yang sering membuat aglonema tidak mau bertunas.

1. penyiraman yang kurang

Ketika aglonema yang sedang dalam treatmen pertunasan kurang diberi air atau disiram, hal itu membuatnya kekurangan air sehingga tidak mau bertunas. Padahal, aglonema yang sudah indukan dan siap untuk bertunas membutuhkan air yang lebih banyak.

Jadi,penyiraman air pada aglonema yang sudah indukan dan siap tunas tidak bisa disamakan dengan aglonema yang sedang tidak di-traetmen atau anakan aglonema.

Jika anakan aglonema bisa disiram tiga sampai empat hari sekali, ini berbeda dengan aglonema yang sedang di-treatmen untuk pertunasan atau sudah indukan

Aglonema yang sedang di-treatmen dan kamu mengharapkan keluar tunasnya, kamu perlu siram setiap dua hari sekali.

Bahkan, kalau ukuran aglonema sudah besar, itu artinya kebutuhan airnyapun sudah banyak sehingga kamu bisa menyiramkan air setiap hari. Proses penyiraman air pada aglonema yang sedang di-treatmen untuk bertunas tidak perlu sampai banjir semua, yang penting media tanamnya lembab.

Ketika aglonema yang diharapkan bertunas sudah mendapatkan air yang cukup, maka akarnya bisa menyerap makanan sehingga kondisinya fit dan tunasnya akan keluar.

2. Penempatan yang tidak tepat.

Penempatan aglonema yang ingin di- treatmen harus bener-bener teduh dan hanya mendapatkan sinar matahari secara langsung hanya pada pagi hari.

Lalu ketika sudah lewat dari jam 09.00 atau 10.00 pagi, aglonema yang sedang di-treatmen untuk bertunas tidak boleh terkena cahaya matahari secara langsung lagi. JIka masih terkena cahaya matahari langsung, malah membuatnya tidak sehat.

Sebab, cahaya matahari diatas jam 10.00 sudah panas dan menyengat sehingga tidak bagus lagi untuk pertumbuhan aglonema.

Jadi, letakan aglonema di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung, atau bisa juga ditaruh di bawah naungan.

Tempat yang teduh membuat aglonema lebih stabil kondisinya. Kalau aglonema stabil, maka dia akan siap bertunas.

3. Terlalu sering dibongkar dari media tanam

Ketika kamu sedang melakukan treatmen agar aglonema bertunas, jangan dibongkar dari media tanam dan biarkan saja sampai tunasnya keluar dengan sendirinya.

Kalau memang tunas aglonema tidak mau keluar, baru kamu ganti treatmen dan itupun ada jangka waktunya, bisa satu bulan.

Jadi sebelum satu bulan, jangan bongkar aglonema yang sedang treatmen untuk bertunas. Selama aglonema yang di-treatmen tidak sakit dan tidak menunjukan gejala atau tanda-tanda bahwa dia terkena bakteri, diamkan saja terlebih dahulu.

4. Terlalu sering ganti treatmen

Jika kamu terlalu sering mengganti traetmen agar aglonema bertunas, itu malah membuat aglonema stres sehingga tidak mau bertunas.

Itulah 4 penyebab tanaman aglonema tidak mau bertunas !!

SALAM AMDG…!!!