APLIKASI PERTANIAN BERBASIS ANDROID

2 min read

kalau bicara tentang tentang pertanian, apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu ?

sawah? cangkul? atau caping?

Kalau kamu termasuk orang yang berpikir seperti itu, tenang saja. Kamu tidak sendiri. Karena sampai saat ini memang masih banyak orang yang menganggap kalau pertanian itu adalah sesuatu yang jauh dari kemajuan teknologi.

Konotasi kata “pertanian” di banyak orang di Indonesia, memang masih sesuatu yang tradisional sekali. Tidak jauh dari sawah, kerbau, bahkan peluh.

Tapi bukan berarti kemajuan teknologi tidak menyentuh segmen pertanian sama sekali loh!

Menurut situs PakTaniDigital.com. Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sekarang mulai muncul hal-hal penunjang pertanian yang berbasis teknologi. Misalnya saja seperti aplikasi pertanian. Di era smartphone seperti sekarang, rasanya memang kurang sempurna kalau dunia pertanian tidak turut didukung dengan adanya aplikasi pertanian berbasis android.

Menurut situs PakTaniDigital.com, ada beberapa aplikasi pertanian yang bisa kamu unduh di smartphone kamu!, yaitu sebagai berikut.

1 Aplikasi petani

Sesuai namanya, aplikasi ini memang diperuntukan khususnya bagi para petani. Kalau bapak, ibu,atau tetanggamu juga seorang petani, aplikasi penyuluhan online ini sangat tepat untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil tanaman kamu dan ora-orang di sekitarmu juga.

Tapi, kamu yang bukan petani juga bisa bertanya langsung pada pakarnya mengenai berbagai info mengenai dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik sampai cara mengatasi berbagai jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman.

Jadi, kamu bisa mendapatkan penyuluhan tentang berbagai hal terkait dunia pertanian secara online. kapan saja, dan dari mana saja dengan memanfaatkan aplikasi ini.

2 Aplikasi Pak Tani Digital

Aplikasi ini yang paling pas untuk kamu yang lebih suka satu aplikasi dengan berbagai fitur lengkap.

Lewat Pak Tani Digital, kamu bisa melakukan cek harga hingga pembelian barang langsung dari petani ke konsumen akhir.

Fitur Transporter juga memudahkan kamu untuk menemukan ekspedisi mana yang bisa kamu gunakan untuk proses pengiriman. PakTani digital tersedia untuk aplikasi android dan juga web.

Yang menariknya lagi, kamu juga bisa juga mengetahui mapping harga dan komoditi via pak tani Digital. Karena data data harga yang PakTani Digital miliki bukan hanya data terbaru saja, tapi juga record data hingga 2 tahun terakhir.

3 AplikasiLIMAKILO

Kalau biasanya petani perlu menjual panennya ke penadah atau tengkulak, melalui aplikasi LIMAKILO ini petani bisa langsung menjual hasil taninya ke konsumen.

Dengan aplikasi ini, bukan hanya rantai pasok jadi lebih pendek dan lebih cepat, petani juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari penjualan langsung ini.

Selain bisa melakukan pemesanan hasil tani melalui aplikasi android. LIMAKILO juga bisa kamu akses via websitelimakilo.id

Sampai saat ini, Lima kilo tela bisa dipesandi Jakarta, Depok,Tangerang, dan bekasi. Nah buat kamu yang ingin membantu menyejahterakan petani, kamu bisa langsung pemesanan lewat sini, ya.

3 Aplikasi pantau harga

Aplikasai satu ini wajib banget ada di android kamu, bagi kamu yang butuh bahan baku dari petani. Melalui alikasi ini, kamu bisa melakukan tawar menawar dan juga beli hasil tani langsung dari petani.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan karena pantau Harga telah memiliki basis data harga yang bisa di jadikan acuan.

Aplikas Pantau Harga ini memiliki tiga fitur utama yang akan memudahkan kamu menemukan harga komoditas yang ada di sekitar kamu.

Lalu fitur “KirimHarga” untuk melaporkan harga komoditas di penjual terdekat dan fitur ” Jual Komoditas”

yang bisa kamu gunakan untuk menjual komoditas kepada pengguna aplikas lainnya

4 Aplikasi Simbah

Kamu punya bisnis dan bingung mau mencari pasokan bahan baku darimana?

Apikasi Simbah ini bisa dibilang adalah solusi dari masalah kamu lewat aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan pertanian dan hasil pertanian.

Selain kualitas produk yang terjamin, kamu juga bisa mendapatkan harga yang bersaing karena pembelian bisa langsung ke petaninya.

Simbah memang berfokus kepda peningkatan prukvitas dan pemasaranB2B atau bussiness to business. Karena itu, aplikasi ini adalah aplikasi paling sesuai untuk kamu yang punya bisnis di bidang pertanian.

Selain bisa melakukan jual beli, Simbah juga dilenkapi dengan berbagai fitur ya ng memberikan kemudahan dalam proses belanja.

Bukan hanya itu konsumen akhir, kamu yang mau belanja skala bisnis, atau punya usaha yang berkaitan dengan bidang pertanian juga bisa saling berkolaborasi atau berbagi informasi atau pengalaman melalui aplikasi ini.

Itulah apikasi pertanian yang bisa kamu unduh dengan mudah di play store, semoga para petani bisa terbantu dengan adanya aplikasi ini ya, gaes!

SALAM AMDG…!!!